EnglishIndonesian

Program CSR

CSR PT TRANS MANDIRI UTAMA

Dengan menganut Prinsip 3P (People, Profit dan Planet) dan menciptakan keberlanjutan bisnis, PT Trans Mandiri Utama selalu mengedepankan aspek kesetaraan sosial melalui pengembangan masyarakat (People) dan menjaga kelestarian lingkungan (Planet) di sekitar wilayah operasional yang tidak hanya semata-mata mengedepankan keuntungan finansial (Profit) yang dicapai dalam kegiatan operasionalnya.

PROGRAM UNGGULAN

BATIK SERACI

Salah satu program unggulan CSR PJB UP Muara Tawar adalah Program Pengembangan Batik Betawi Seraci. Sebagai salah satu warisan budaya lokal yang memiliki nilai seni tinggi, Batik Betawi tentu saja harus dilestarikan. Melalui program ini, PJB melibatkan masyarakat untuk turut serta melestarikan serta membangun ekonomi masyarakat melalui usaha Batik Betawi. Pada tahun 2016, terdapat dua kegiatan pengembangan yang dilakukan PJB UP Muara Tawar bersama Batik Seraci, yaitu Pendaftaran Hak Cipta untuk Motif Batik Betawi dan Pemasangan Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) Batik.

RUMAH LIPAT

Rumah Lipat merupakan wadah yang mengintegrasikan program-progam CSR UP Muara Karang khususnya dalam keberlanjutan pelatihan hasil dari program lainnya seperti bank sampah dan mangrove. Salah satu kegiatan program rumah lipat juga adalah memperbaiki program rumah jahit yang kurang berhasil, tetapi masih memiliki aset mesin jahit yang masih dapat digunakan. Nama Rumah Lipat, tercetus dari ide-ide masyarakat, dengan filosofi di setiap kegiatan dalam rumah lipat memiliki unsur melipat sesuatu, contoh kerajinan bahan baku sampah non organik.

ORGANIC INTEGRATED SYSTEM

Adalah sebuah program yang bertujuan untuk membangun jejaring pertanian berkelanjutan berbasis sistem pertanian organik. Program ini dijalankan untuk menjawab situasi pertanian yang menuntut upaya adaptasi dengan alam. Melalui keselarasan dengan alam, kelompok petani diharapkan mampu menjalankan tata kelola pertanian yang berkelanjutan. Program yang dijalankan oleh UP Paiton ini terdiri atas 3 kegiatan yakni:

Kegiatan Program OIS

  1. Pembuatan Pupuk
  2. Training Center Trikaryajadi
  3. Pertanian Lahan Luas

EKOWISATA BAWEAN

Ekowisata Mangrove Hijau Daun merupakan integrasi dari program konservasi mangrove, terumbu karang dan penyu, program eco-edu-wisata mangrove, program pengelolaan sampah terpadu, serta program alih fungsi lahan sawah terdegradasi menjadi lahan pertanian garam. Upaya konservasi yang dilakukan oleh Pokmaswas Hijau Daun dan PT PJB UP Gresik telah membuka peluang terbentuknya Ekowisata Mangrove Hijau Daun yang selain menjadi destinasi wisata juga menjadi pusat edukasi konservasi mangrove satu-satunya di Pulau Bawean.