EnglishIndonesian

Whistle Blowing System

Apa itu Whistle Blowing System?

Whistleblowing System (WBS) adalah sistem yang digunakan untuk menampung, mengelola dan menindaklanjuti serta membuat pelaporan atas informasi yang disampaikan oleh Pelapor mengenai tindakan pelanggaran yang terjadi di lingkungan PT Pembangkitan Jawa-Bali.

Siapa itu Pelapor?

Pelapor adalah personil atau badan hukum baik yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal Perusahaan yang menyampaikan informasi mengenai kejadian atau indikasi tindakan pelanggaran melalui saluran yang disediakan oleh Perusahaan.

Apa saja syarat melapor?

Semua laporan pelanggaran dari pihak internal maupun eksternal, baik dari Pelapor yang mencantumkan identitas maupun yang tidak (anonim) diterima dapat diproses lebih lanjut sepanjang dapat memberikan bukti-bukti kuat, dapat dipertanggungjawabkan serta tidak mengarah kepada fitnah. Untuk mempermudah proses komunikasi dan klarifikasi, sebaiknya Pelapor mencantumkan sekurang-kurangnya:

  1. Nama Pelapor (diperbolehkan menggunakan anonim);
  2. Nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi.

Jenis pelanggaran apa saja yang bisa dilaporkan?

Perbuatan yang dapat dilaporkan (pelanggaran) melalui Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System) adalah sebagai berikut:

  1. Korupsi;
  2. Kecurangan;
  3. Ketidakjujuran;
  4. Perbuatan melanggar hukum (termasuk namun tidak terbatas pada pencurian, penggunaan kekerasan terhadap karyawan atau pimpinan, pemerasan, penggunaan narkoba, perbuatan yang mengandung unsur tindak pidana lainnya);
  5. Pelanggaran ketentuan perpajakan atau peraturan perundang-undangan lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada lingkungan hidup, mark-up, under invoice, ketenagakerjaan, dll);
  6. Perbuatan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja, atau membahayakan keamanan Perusahaan;
  7. Perbuatan yang dapat menimbulkan kerugian finansial atau non-finansial terhadap Perusahaan atau merugikan kepentingan Perusahaan;
  8. Pelanggaran prosedur operasi standar (SOP) Perusahaan, terutama terkait dengan pengadaan barang dan jasa, pemberian manfaat dan remunerasi.

Kemana harus melapor?

Saluran yang tersedia untuk melaporkan pelanggaran adalah:

a. Surat menyurat dengan alamat:
Komite Pengelola Pengaduan Pelanggaran
PT Trans Mandiri Utama
Jl. Kav. Perjuangan II/59, Tambakrejo Waru – Sidoarjo

b. Website dengan alamat transmandiriutama.com

c. Email dengan alamat info@transmandiriutama.com.

d. Telepon/SMS/WhatsApp dengan nomor 0812 3066 0756 (Ajeng)